berita teknologi indonesia, berita teknologi terbaru, berita teknologi terkini, Featured, Teknologi

4 Konsep Mobil Bertenaga Nuklir yang Tak Pernah Diproduksi

0 47

4 Konsep Mobil Bertenaga Nuklir yang Tak Pernah Diproduksi – Ketika mendengar kata nuklir, tak sedikit orang beranggapan itu adalah senjata mematikan. Anggapan sebagai senjata mematikan sangat beralasan efek dari nuklir yang digunakan untuk menghancurkan dua kota di Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Meski berisiko untuk kehidupan penduduk bumi, namun ternyata tenaga nuklir bisa menjadi tenaga penggerak kendaraan. Salah satu upaya pengaplikasian tenaga nuklir sempat coba diterapkan oleh manufaktur otomotif pada medio 1950-1960.

4 Konsep Mobil Bertenaga Nuklir yang Tak Pernah Diproduksi

Berikut daftar konsep mobil tenaga nuklir yang sempat membuat takjub pecinta otomotif pada 1950-an dilansir oleh laman berita terpercaya:

1. Arbel Symmetric

Arbel Symmetric

Produsen mobil bernama Compagnie Normande d’Etudes pour l’Application de Procédés Mécaniques atau disapa Arbel sempat memamerkan mobil bertenaga nuklir pada tahun 1950-an di Prancis. Di era 50-an, perusahaan tersebut memang bertugas menciptakan kendaraan-kendaraan konsep untuk diuji coba sebelum diproduksi.

Salah satu kendaraan bertenaga nuklir cukup populer adalah Arbel Symmetric.

Dijuluki Symmetric karena mobil ini mengandalkan generator panas nuklir bertenaga 40 kW (53 tenaga kuda) yang disebut genestatom yang dipadupadankan dengan motor listrik. Generasi pertama diproduksi terbatas pada tahun 1951. Model terbarunya sempat menarik perhatian pengunjung pameran otomotif Geneva Motor Show pada tahun 1958.

Setelah itu perusahaan berhenti memproduksi mobil nuklir karena terganjal regulasi Prancis.

2. Ford Nucleon

Ford Nucleon

Konsep mobil nuklir dari Ford, yaitu Nucleon merupakan kendaraan bertenaga nuklir yang paling terkenal, walau tidak pernah masuk jalur produksi dan hanya dibuat dalam model skala 3:8.

Ford merencanakan mobil konsep ini sebagai alat riset untuk meneliti cara mengecilkan reaktor nuklir dan membuatnya aman digunakan masyarakat Amerika Serikat.

Nucleon direncanakan memiliki reaktor di bagian belakang mobil dan bekerja seperti kapal selam nuklir USS Nautilus. Dalam beberapa presentasi konsep mobilnya dapat menempuh jarak 8.000 kilometer dengan tenaga nuklir.

Berbeda dari Symmetric, Nucleon tidak perlu melakukan isi ulang bahan bakar. Cukup ganti reaktor lama dengan yang baru. Miniatur Nucleon kini dapat dilihat di Museum Henry Ford, Dearborn, Michigan.

Game Poker Online

3. Simca Fulgur

Simca Fulgur

Prancis sepertinya memiliki ketertarikan khusus untuk membuat mobil bertenaga nuklir. Pada saat yang hampir bersamaan dengan kemunculan Symmetric dan Nucleon di Geneva Auto Show 1958, Simca Fulgur ikut mencuri perhatian orang-orang

Simca sendiri perusahaan yang didirikan oleh Fiat pada tahun 1934, di mana saat itu mereka ingin menunjukkan bagaimana kerja kendaraan-kendaraan pada tahun 2000-an. Saat itu, Fulgur dijelaskan menyimpan teknologi mobil bergerak otomatis (mobil otonom). Tidak ada spesifikasi resmi dari Simca, di samping fakta jika mesinnya menggunakan tenaga nuklir.

4. Studebaker Packard Astral

Studebaker Packard Astral

Dari seluruh konsep mobil nuklir, Studebaker Packard Astral bisa dikatakan sebagai konsep mobil nuklir paling ‘gila’. Jika direalisasikan, mobil ini bisa berdiri dengan satu ban dengan teknologi giroskop.

Studebaker pertama kali ditampilkan pada South Bend Art Centre pada tahun 1958 sebagai kendaraan yang dideskripsikan penciptanya sebagai “mesin ikonik”. Untuk melindungi penumpang dari radiasi mesin nuklir, rencananya akan menggunakan penutup yang didesain dengan material khusus.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *