facebook indonesia
facebook indonesia, Featured, Teknologi

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

0 13

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia – Teknologi yang kian maju tidak hanya menimbulkan dampak yang baik pada kehidupan, namun juga sebaliknya. Teknologi dimasa depan dianggap sebuah ancaman bagi sebagian orang, misalnya teknologi robot yang saat ini sudah mulai menggantikan peran teknis diberbagai sektor bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi robot maka perusahaan dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk tenaga kerja.

Nah, percaya atau tidak banyak pengamat dan ahli statistik percaya bahwa dalam beberapa tahun kedepan beberapa teknologi yang siap menggantikan pekerjaan manusia akan muncul. Tentu saja hal ini akan membuat lapangan pekerjaan semakin sempit.

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Chatbot

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Saat ini perusahaan sudah mulai mengembangkan Chatbot untuk berbagai macam keperluan, yang paling utama sih untuk memberikan pelayanan kepada pengguna sekaligus mengurangi biaya tenaga kerja bagian pelayanan konsumen. Teknologi ini sebenarnya bukan barang baru karena Chatbot merupakan hasil inovasi dari pengembangan teknologi AI atau yang dikenal sebagai kecerdasan buatan, AI sendiri mulai diciptakan pada tahun 1960-an. Nah dibalik chatbot sendiri terdapat teknologi yang rumit, seperti AI, Machine Learning, Deep Learning, NLP (Natural Languange Processing), yang dikombinasikan dengan teknologi Data Mining untuk membuatnya terus belajar dan menjadi semakin pintar dan dapat menganalisis berbagai situasi. Jika sekarang kita masih menjumpai chatbot yang baru bisa menjawab pertanyaan manusia dalam bentuk tulisan maka dalam beberapa tahun kedepan chatbot akan dapat berbicara seperti layaknya manusia.

Robot Warehousing

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Robot Warehousing adalah robot yang dibuat untuk kebutuhan fungsional didalam gudang-gudang, biasanya digunakan untuk mengangkut dan memindahkan barang secara otomatis, sehingga dalam hal ini perusahaan bisa menghemat anggaran biaya untuk tenaga kerja. Saat ini robot warehousing sudah mulai dikembangkan oleh perusahaan ecommerce dalam melayani proses pembelian, mulai dari pengambilan barang sampai pengiriman barang dan keperluan tertentu. Perusahaan ecommerce yang telah memanfaatkan robot Warehousing adalah Amazon yang saat ini mengelola lebih dari 80 robot yang ditempatkan pada pusat distribusi barang.

Robot untuk Kepentingan Analisis

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

SIMAK JUGA : 7 LOGO POPULER DI DUNIA PUNYA PESAN TERSEMBUNYI!

Robot untuk Kepentingan Analisis dalam beberapa tahun kedepan juga akan mulai dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk mengeksploitasi dan menganalisis jumlah data yang besar (Big Data) untuk berbagai keperluan, seperti mengamati perilaku konsumen, iklan, menentukan harga pasar, trading pasar saham, diagnosis gejala penyakit, dan lain sebagainya. Robot untuk Kepentingan Analisis dapat mengurangi biaya operasional karyawan dan memecahkan masalah dengan sangat cepat untuk membantu manusia dalam pengambilan keputusan.

LINK ALTERNATIF POKER

Drone

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Drone ramai diperbincangan saat Negara Amerika Serikat mulai memanfaatkannya untuk kepentingan militer. Saat ini teknologi pesawat tanpa awak sudah mulai diperhitungkan dan berpotensi dapat menggantikan pekerjaan manusia. Dalam beberapa tahun kedepan kita akan melihat Drone mulai dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan bisnis, misalnya untuk pengiriman dan penjemputan barang pengganti kurir, alat semprot pertanian dan perkebunan, alat survey lokasi pembangunan dan infrastruktur, pencarian korban bencana alam, dan lain sebagainya.

 

Robot Bedah

5 Teknologi Ini Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Bedah dengan menggunakan teknik robot sebenarnya sudah lama berkembang sejak tahun 1980-an. Bahkan di Negara-negara maju seperti Amerika Serikat penggunaan robot untuk bedah operasi sudah rutin dilakukan. Melakukan bedah operasi menggunakan robot memiliki banyak keuntungan, selain mengurangi resiko kegagalan, penggunaan robot juga akan menghemat biaya operasional dan proses pembedahan bisa dilakukan dari jarak jauh. Di masa depan robot akan menggantikan peran tenaga medis dalam hal pengobatan dan perawatan.

LINK ALTERNATIF POKER

Ikuti terus informasi terbaru atau artikel menarik lainnya dari kami hanya di Facebook Indonesia

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *