Facebook, Lainnya

6 Cara Hack Facebook dan Memproteksinya Sebelum Terlambat

0 453

Indonesia-facebook.net – Keamanan privasi selalu menjadi prioritas utama bagi pengguna media sosial. Namun masih banyak pengguna yang tidak mengetahui bagaimana akun Facebook dapat diretas. Mereka menganggap selama ini akun mereka terjamin keamanannya. Padahal tidak!

Atas dasar itu, kita perlu mengetahui beberapa cara yang biasa dilakukan hacker untuk meretas akun Facebook kita. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan akun.

6 Cara Hack Facebook dan Memproteksinya Sebelum Terlambat

1. Hack Akun Facebook Menggunakan Phising

Phishing masih menjadi teknik populer bagi para peretas untuk memasuki akun Facebook pengguna. Salah satu metode tersederhana dengan menciptakan halaman login palsu yang persis seperti Facebook. Pengguna akan diminta memasukkan alamat email dan kata sandi yang nanti akan tersimpan di file teks peretas.

Selanjutnya, peretas akan mengunduh file teks tersebut dan mendapatkan kredensial korban. Hal ini akan sangat berbahaya bila korban menggunakan alamat email dan kata sandi yang sama di setiap akun yang dimilikinya.

Lantas bagaimana cara mencegahnya? Pertama, perhatikan alamat situs yang dikunjungi dan jangan login akun Facebook di perangkat lain. Sebaiknya gunakan Chrome karena browser ini dapat mengindentifikasi laman phising. Terakhir, hindari memasuki akun Facebook melalui email yang tidak dikenal.

2. Menyimpan Kata Sandi dari Browser

Pernah melihat pop up jendela yang meminta konfirmasi izin untuk menyimpan kata sandi selepas log in pada suatu akun? Nah, hal ini ternyata bisa membuat akun Facebook diretas karena siapa pun bisa mengambil email dan kata sandi dari pengelola sandi di browser.

Jangan pernah menyimpan kata sandi di browser dan selalu menggunakan kata sandi yang kuat dengan menyertakan huruf kapital, angka, dan simbol. Ini dapat mempersulit peretas dalam menjalankan aksinya.

3. Hack Akun Facebook Menggunakan Ponsel

SIMAK JUGA: 5 TREN MEDIA SOSIAL YANG BAKAL BOOMING DI 2018

Sudah tidak asing menggunakan ponsel untuk mengakses Facebook sehari-hari. Padahal jika peretas bisa mengakses ponsel korban, maka kemungkinan dia mendapatkan jalan untuk menggunakan akun Facebook-nya. Ada banyak perangkat lunak berfungsi memantau ponsel, yang paling populer adalah ‘Mobile Spy’ dan ‘Spy Phone Gold’.

Cara mencegahnya cukup dengan gunakan program keamanan dan antivirus terpercaya khusus ponsel. Lalu, jangan pernah sekali-kali memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dan segera hapus aplikasi yang mencurgikan bagi kamu.

4. Hack Akun Facebook Email ID

Peretas hanya perlu mengetahui alamat email kamu lalu mengatur ulang kata sandi akun Facebook secara manual. Sungguh sangat mudah bukan? Oleh karena itu, kamu wajib mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di akun Gmail dan jangan pernah memasukkan alamat email di situs yang mencurigakan. Hal ini dapat mencegah kamu dari serangan peretasan.

5. Hack Facebook Menggunakan WiFi

Ada berbagai macam cara dan metode untuk meretas akun Facebook melalui jaringan WiFi yang bahkan dapat diakses gratis. Maka dari itu, jangan pernah menggunakan kata sandi yang lemah dan selalu atur keamanan router. Peretas dapat membajak jaringan WiFi lalu mengakses semua komputer yang menggunakan jaringan tersebut.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, jangan gunakan WiFi gratis atau WiFi umum yang tidak jelas asal-usulnya. Selalu gunakan VPN pada komputer. Terakhir, secara berkala ubah kata sandi di WiFi kamu.

6. Memanfaatkan Kelalaian Pengguna

Kebanyakan para pengguna Facebook kerap malas log out dari komputer mereka, padahal hanya diperlukan waktu satu detik untuk menekan tombol keluar tersebut. Karena kelalaian dan kemalasan tersebut, bisa saja Facebook kamu diakses orang tak bertanggung jawab. Selalu pastikan telah keluar sesi dari Facebook, terlebih ketika tidak menggunakan komputer pribadi.

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *