Facebook, Featured, Lainnya

Awas! Malware Ini Bisa Mencuri Data dari Facebook dan WhatsApp

0 77

IndonesiaFacebook-  Setelah serangan ransomware WannaCry dan Petya mereda, beberapa waktu silam malware CopyCat mengancam pengguna Android. Ancaman ini membuktikan bahwa pengguna Android harus berhati-hati.

Ditambah, saat ini Palo Alto Networks mengeluarkan laporan baru yang cukup mengejutkan. Yang mana sebuah malware baru diidentifikasi mampu mencuri data lewat 40 aplikasi Android, termasuk Facebook dan WhatsApp.

SpyDealer, Malware Pencuri Data di Android

Diidentifikasi sebagai SpyDealer, malware ini diduga telah beroperasi sejak tahun 2015 silam. Malware ini mampu masuk ke akses administrasi dan mencuri data dari berbagai aplikasi yang terinstall di Android, seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, Skype, browser dan layanan email.

spydealer-android-malware (1)

Namun SpyDealer bukan hanya bisa melakukan itu saja. Dilansir dari TechViral, malware ini juga mampu mengambil screenshot, merekam panggilan telepon, melacak lokasi, hingga mengendalikan smartphonemu dari jauh lewat UDP, TCP atau SMS.

spydealer-android-malware (2)

Meski menyeramkan, rupanya malware ini tidak menyebar lewat Google Play. Itu artinya selama kamu menginstall aplikasi dari Google Play, maka kamu akan aman. Makanya, jangan asal install aplikasi dari luar ya!

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *