Featured, Lainnya

Hati-hati Ini 5 Jenis Penipuan di WhatsApp!

0 188

IndonesiaFacebook– Saat ini, salah satu aplikasi chat paling populer di Indonesia adalah WhatsApp. Ya, aplikasi ini merupakan aplikasi perpesanan yang sangat mudah digunakan. Namun, apakah kamu tahu ada banyak jenis penipuan di WhatsApp yang dapat membahayakan kamu?

Benar, jenis penipuan WhatsApp seperti ini wajib kamu waspadai. Sebab, Jika tidak ingin ada korban lagi dalam penpiuan yang beredar di WhatsApp.

Berikut 5 Jenis Penipuan di WhatsApp :

1. Warna baru di Whatsapp

Untuk kamu pengguna WhatsApp, kamu jangan sampai tergiur dengan pesan berantai yang datang ke aplikasi kamu, yang mana menawarkan warna baru di WhatsApp. Ya, nantinya kamu akan diarahkan ke sebuah situs yang cukup mencurigakan, yaitu шһатѕарр.com.

Perbedaan yang terlihat adalah huruf di W dan T yang diganti dengan font lain. Setelah kamu klik, maka nantinya kamu akan diarahkan ke Chrome untuk download ekstensi yang hanya dapat diakses melalui desktop. Ekstensi inilah yang diduga malware. Untung Google sudah menghapus ekstensi itu.

2. Penipuan via Voice Mail

Salah satu penipuan WhatsApp yang sudah cukup lama mengganggu adalah penpiuan via voice mail. Penipuan ini merupakan serangan berbasis malware yang dibuat pada tahun 2013 dan meningkat cukup pesat. Dengan melihat banyaknya penggunaan fitur voice mail di tahun 2017, bisa saja penpiuan ini kembali terulang.

Untuk menanggulanginya, ingat WhatsApp tidak akan pernah memberikan informasi melalui pesan suara, bahkan tidak mungkin bagi WhatsApp untuk mengirim pesan bahkan email kepada kamu. Maka dari itu, jangan pernah tertipu apabila ada chat seperti ini ya.

3. Warna baru di Whatsapp

Selain pesan suara, jenis penipuan di WhatsApp lainnya adalah kode akses. Pada penipuan satu ini kamu akan diminat untuk login ke WhatsApp lagi, dan sang penipu akan mengirimkan SMS untuk kode verifikasi login. Nantinya, akun kamu akan dikunci dan dapat diakses oleh si penipu.

Cara yang tepat untuk menghindari jenis penipuan ini adalah kamu wajib mengabaikan pesan yang berujung meminta kamu login kembali. Apabila sudah terjadi, kamu abaikan saja SMS dari tersangka. Pihak WhatsApp tidak akan pernah meminta kode seperti ini.

4. WhatsApp “Free Scam”

Ada jenis penipuan lainnya yang dilakukan di WhatsApp. Salah satunya adalah pesan dari nomor asing yang mengatakan bahwa WhatsApp akan melakukan pembayaran utnuk setiap pesan yang dibayar. Menakutkan bukan? Pesan ini juga akan menyediakan situs tidak diketahui untuk mengambil uang kamu nantinya.

Apabila kamu mendapatkan penipuan seperti ini, alangkah baiknya kamu diamkan pesan seperti ini. Sebab, sejak Januari 2016, WhatsApp sudah memberikan aplikasinya secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Beri tahu orang tua kamu ya!

5. Voucher WhatsApp

Pernah mendapatkan penipuan yang mengatasnamakan voucher WhatsApp? Voucher yang beredar ini menawarkan kupon supermarket atau kupon makan Burger King dan McDonalds. Nantinya, kamu akan mengunjungi sebuah situs yang tertera dan kamu wajib menginstall sesuatu yang sebenanrya itu berisi malware.

Agar kamu terhindar dari penipuan seperti ini, kamu wajib memberi tahu ke semua kerabat dan keluarga kamu bahwa itu adalah penipuan yang mengatasnamakan voucher. Daripada malware terinstall dalam perangkat kamu, lebih baik kamu sudahi saat itu juga.

 

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *